Senin, 14 Januari 2013

PERKEMBANGAN BUDAYA DI INDONESIA
 Pengertian Budaya: Budaya memiliki banyak arti, budaya berarti budi atau akal budi atau pikiran. Kebudayaan berasal dari kata budayah yang dapat kita artikan sebagai hasil rasa, cipta, dan karsa manusia.

MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN INDONESIA

         Dinamika sosial dan kebudayaan itu, tidak terkecuali melanda masyarakat Indonesia, walaupun luas spektrum dan kecepatannya berbeda-beda. Demikian pula masyarakat dan kebudayaan Indonesia pernah berkembang dengan pesatnya di masa lampau, walaupun perkembangannya dewasa ini agak tertinggal apabila dibandingkan dengan perkembangan di negeri maju lainnya.Betapapun, masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang beranekaragam itu tidak pernah mengalami kemandegan sebagai perwujudan tanggapan aktif masyarakat terhadap tantangan yang timbul akibat perubahan lingkungan dalam arti luas maupun pergantian generasi. Ada sejumlah kekuatan yang mendorong terjadinya perkembangan sosial budaya masyarakat Indonesia. Secara kategorikal ada 2 kekuatan yang mmicu perubahan sosial, Petama, adalah kekuatan dari dalam masyarakat sendiri (internal factor), seperti pergantian generasi dan berbagai penemuan dan rekayasa setempat. Kedua, adalah kekuatan dari luar masyarakat(external factor), seperti pengaruh kontak-kontak antar budaya (culture contact) secaralangsung maupun persebaran (unsur) kebudayaan serta perubahan lingkungan hidup yang padagilirannya dapat memacu perkembangan sosial dan kebudayaan masyarakat yang harus menatakembali kehidupan mereka . Betapapun cepat atau lambatnya perkembangan sosial budaya yang melanda, dan factor apapun penyebabnya, setiap perubahan yang terjadi akan menimbulkan reaksi pro dan kontra terhadap masyarakat atau bangsa yang bersangkutan. Besar kecilnya reaksi pro dan kontra itu dapat mengancam kemapanan dan bahkan dapat pula menimbulkan disintegrasi sosial terutama dalam masyarakat majemuk dengan multi kultur seperti Indonesia. Perkembangan kebudayaan Indonesia saat ini banyak didominasi dengan budaya-budaya asing yang dinilai lebih praktis dibandingkan dengan kebudayaan local. Berikut Faktor-faktor Pendorong Hilangnya Budaya Indonesia: 
- Masuknya Budaya Asing Budaya asing saat ini banyak mewarnai budaya Indonesia, masuknya budaya asing dinilai sebagai salah satu penyebabnya. Contoh masuknya budaya asing terjadi pada: 
1. Cara Berpakaian Sekarang ini masyarakat Indonesia lebih menyukai berpakaian yang lebih terbuka seperti bangsa barat yang sebenarnya tidak sesuai dengan adat ketimuran bangsa Indonesia yang dianggap berpakaian lebih sopan dan tertutup. 
2. Alat Musik Perkembangan alat musik saat ini juga dibanjiri dengan masuknya budaya asing, kita dapat mengambil contoh dari kebudayaan asli betawi di Jakarta, pada saat ini sudah tidak ada lagi terdengar alat musik Tanjidor musik khas dari tanah Betawi, saat ini yang sering kita dengar adalah alat-alat musik modern yang biasanya menggunakan tenaga listrik. 
3. Permainan Tradisional Bahkan masuknya budaya asing juga mempengaruhi permainan tradisional, seperti permainan gangsing atau mobil-mobilan yang terbuat dari kayu, pada saat ini sudah jarang kita temukan, yang saat ini kita temukan adalah produk-produk permainan yang berasal dari Cina, seperti mainan mobil remote control yang berbahan baku besi atau plastic. Serta berbagai macam yang lainnya seperti tarian, rumah adat, makanan, adat-istiadat dan kesenian atau hiburan telah didominasi budaya asing. 
- Kurangnya Kesadaran Bangsa Indonesia harus memiliki jati diri dengan cara mempertahankan nilai-nilai budaya, saat ini masyarakat kita tidak peduli budaya yang masuk itu dapat merusak atau tidak, namun pada kenyataannya masyarakat sekarang lebih senang menerima budaya asing dibandingkan melestarikan budaya local atau tradisional, yang sebenarnya dapat mengakibatkan hilangnya budaya Indonesia. 
- Kemajuan Teknologi dan Peralatan Hidup Kemajuan teknologi juga sebagai pendorong hilangnya budaya Indonesia, contohnya adalah pada saat ini banyak seseorang yang dituntut untuk dapat bekerja secara cepat dan efisien, maka seseorang akan lebih memilih teknologi yang lebih maju untuk mendukung pekerjaannya dibandingkan dengan peralatan tradisional yang labih lambat. 
 Didalam budaya seni, indonesia mempunyai kemajuan. khususnya Tarian tradisional telah mengalami kemajuan yang cukup baik dan telah meranjak ke internasional. Akan tetapi ada beberapa bagian dari budaya indonesia yang di klaim oleh negara lain. 
Berikut, data dari budaya yang di klaim oleh negara lain: 
1. batik dari jawa oleh Adidas 
2. Naskah kuno dari riau oleh pemerintah malaysia 
3. Naskah kuno dari sumatera barat oleh pemerintah malaysia 
4. Naskah kuno dari sulawesi selatan oleh pemerintah malaysia 
5. Naskah kuno dari sulawesi tenggara oleh pemerintah malaysia 
6. rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia 
7. Sambal bajak dari jawa tengah oleh oknum WN belanda 
8. Sambal petai dari riau oleh oknum WN belanda 
9. tempe dari jawa oleh beberapa perusahaan asing 
10. lagu rasa sayange dari maluku oleh pemerintah malaysia 
11. Tari reog ponorogo dari jawa timur oleh pemerintah malaysia 
12. Lagu soleram dari riau oleh pemerintah malaysia 
13. Lagu injit-injit semut dari jambi oleh pemerintah malaysia 
14. Alat musik gamelan dari jawa oleh pemerintah malaysia 
15. Tari kuda lumping dari jawa timur oleh pemerintah malaysia 
16. tari piring dari sumatera barat oleh pemerintah malaysia 
17. Lagu kakak tua dari maluku oleh pemerintah malaysia 
18. Lagu anak kambing saya dari nusa tenggara oleh pemerintah malaysia 
19. Kursi taman dengan ornamen ukir khas jepara jawa tengah oleh oknum WN perancis 
20. Pigura dengan ornamen ukir khas jepara dari jawa tengan oleh oknum WN inggris 
21. Motif batik perang dari yogyakarta oleh pemerintah malaysia 
22. Desain kerajinan perak desak suwarti dari bali oleh oknum WN amerika 
23. Produk berbahan rempah-rempah dan tanaman obat asli indonesia oleh shiseido Co. Ltd 
24. Badik tumbuk lada oleh pemerintah malaysia 
25. kopi gayo dari aceh oleh perusahaan multinasional (MNC) belanda 
26. kopi toraja dari sulawesi selatan oleh perusahaan jepang 
27. Musik indang sungai garinggiang dari sumatera barat oleh malaysia 
28. Kain ulos oleh malaysia 
29. alat musik angklung oleh pemerintah malaysia 
30.Lagu jali-jali oleh pemerintah malaysia 
31. tari pendet dari bali oleh pemerintah malaysia

sumber : http://www.google.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar