Minggu, 24 April 2016

Review Jurnal Etika Profesi

SARJANA TEKNIK INDUSTRI KUALITAS, TANTANGAN, DAN PROSPEKNYA DALAM ERA PERDAGANGAN BEBAS”


Industri Indonesia yang termasuk dunia perdagangan didalamnya, pada tahun 1960an mengalami perubahan suasana yang disebut “Sellers market economy”. Perubahan tersebut ditandai oleh kuatnya dominasi produsen (seller was king), hingga pada zaman Orde Baru telah dibebaskan lalu lintas perdagangan impor-ekspor. Persaingan keras dalam era perdagangan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain terdiri dari.
A.      Struktur Persaingan Oligopoli, Monopoli, atau Kombinasinya
Ketiga struktur persaingan tersebut nampaknya memang telah berlangsung di Indonesia. Penentuan struktur persaingan yang adalah pengalaman dari perdagangan yang dilakukan. Pengalaman yang biasa menghadapi banyak pesaing sejenis biasa disebut dengan struktur persaingan sempurna atau monopoli, yang dimana biasanya mereka yang berusaha di bidang ini berupaya untuk menjadi monopolistik karena kekhasan barang yang dijualnya dari sudut rasa ataupun pengemasan. Sedangkan pengalaman yang hanya berani menghadapi beberapa pesaing saja disebut dengan struktur tak sempurna atau oligopoly, dimana mereka bersepakat mempunyai pengaruh yang besar kepada suasana pasarnya.
B.       Kondisi Dunia Industri Indonesia Saat Ini
Kondisi industri Indonesia saat ini sudah sangat beraneka ragam. Ada yang sudah terbiasa dibuai oleh proteksi yang berlebihan dari pemerintah, sehingga mereka memang tidak memiliki daya saing yang tangguh. Dan mereka ini seringkali disebut merupakan perusahaan jago kandang. Dan kondisi demikian berbahaya sekali untuk masa depan dengan perdagangan bebas antar negara sebagaimana disepakati dalam GATT (General Agreement on Trade and Tariffs), GATS (General Agreement on Trade in Services), dan WTO (World Trade Organization).

C.       Perubahan yang Harus Dilakukan Oleh Semuanya
Pesaingan dapat terjadi dimana pun dan di Negara manapun. Oleh karena itu untuk menghadapi persaingan yang ada maka sudah seharusnya Indonesia berubah menjadi Negara yang layak untuk persaingan internasional. Langkah perubahan pertama yang harus dilakukan adalah Indonesia harus memiliki hasil produk atau jasa yang memenuhi persyaratan internasional, seperti ISO 9000 - an, ISO 12000-an, atau ISO 16000-an, dsb. Lalu, harga jualnya harus bersaing di tempat pasarnya, yaitu mempunyai keungulan harga jualnya. Harga jual ini sudah termasuk biaya transportasi ke tempat. Dan lalu juga harus dipenuhi ketepatan waktu penyerahan sesuai dengan perjanjian, bahkan bisa harus lebih cepat dari para pesaingnya. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa pelayanan teknis pasca jualnya juga harus berdaya saing. Dan pemeliharaan pasar produk atau jasanya juga harus dilakukan dengan cermat,
Selain tiga faktor di atas persaingan pasar internasional juga dipengaruhi oleh pembentukkan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Salah satu yang dibutuhkan dalam persaingan pasar internasional adalah sumber daya manusia dalam bidang teknik industri. Faktor pembentukan dari sumber daya manusia terdiri dari.
A.      Situasi Lulusan Teknik Industri Saat Ini
Pendidikan Teknik Industri saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari yang sangat terbatas karena kelengkapan pengajar dan sarana pendidikannya maupun oleh karena kurang interaksinya dengan dunia ilmu pengetahuan dan praktek yang luas. Maka, bila hal itu benar, materi yang diajarkan pada universitas masih terbelakang dari kebutuhan dunia industri. Bagi diri para lulusan persaingan itu lebih berarti persaingan dengan sesama profesional dari negara lainnya. Ini merupakan masalah yang berat bila ia tidak dipersiapkan dengan baik untuk itu. Perusahaan bisa saja menerima profesional dari negara lain apabila kualitasnya lebih baik daripada lulusan dalam negeri.
B.       Peranan Sarjana Teknik Industri di Indonesia
Dunia industri Indonesia saat ini masih belum giat dalam melakukan inovasi produk ataupun proses dalam industri. Yang paling banyak terjadi adalah bahwa para insinyur teknik industri itu berperan sebagai penampung alih teknologi dari negara donor teknologi. Mereka masih berperan untuk bisa mengasimilasikan teknolog alihan itu di perusahaan tempat ia bekerja.
C.      Kualifikasi yang Dibutuhkan Di Era Perdagangan Bebas
Beberapa kualifikasi diantaranya adalah :
1. Kreativitas yang tinggi
2. Keberanian untuk masuk ke masalah tak dikenal
3. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan tingkat dunia
4. Mempunyai etos kerja yang tinggi
5. Menghargai waktu dan prestasi
6. Tidak terikat pada masa lalu
7. Berkemampuan manajerial bidangnya
8. Mampu memakai informasi dunia
9. Kuat memakai komputer
10. Mampu bekerjasama dalam tim
D.      Apa Usaha Dunia Pendidikan Untuk Memenuhinya

Bila di masa lalu dunia pendidikan lebih banyak memberikan pengetahuan dan ketrampilan teknologi saja, maka di masa datang sudah harus pula ditambahkan pemberian atau pembentukan sikap dan perilaku untuk bisa kompetetif. Ya kesepuluh persyaratan yang disebutkan diatas secara lengkap akan harus diberikan kepada si sarjana teknik industri.
Sumber: Aroef, Matthias. 1996. “ SARJANA TEKNIK INDUSTRI KUALITAS, TANTANGAN, DAN PROSPEKNYA DALAM ERA PERDAGANGAN BEBAS”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar