Senin, 20 Oktober 2014

Metode Penelitian




NAMA       : DWI APRILIYANI
NPM           : 32412271
KELAS      : 3ID04

PROPOSAL PENELITIAN
“ Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Tingkat Kinerja Karyawan”

1.                  Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan yang berlangsung di Indonesia saat ini dari tahun ke tahun proses pemenuhan akan kebutuhan hidup terutama yang menyangkut mengenai kebutuhan primer serta sekunder meningkat terus menerus. Hal ini menyebabkan manusia yang berperan sebagai konsumen menginginkan proses pembelian barang-barang kebutuhan sehari-hari agar tercipta lebih mudah, dimana pada saat ini kita semua mengenalnya sebagai sebuah tempat belanja yang mudah dan langsung. Hal tersebut mendorong pengusaha-pengusaha untuk menanamkan modalnya dibidang usaha retail serta memperluasnya.
Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi baik organisasi dalam skala besar maupun kecil. Pada organisasi berskala besar, sumber daya manusia dipandang sebagai unsur yang sangat menentukan dalam proses pengembangan usaha, peran sumber daya manusia menjadi semakin penting (Tadjudin, 1995). Perkembangan dunia usaha akan tetrealisasi apabila ditunjang oleh sumber daya manusia yang berkualitas.
Dalam organisasi publik, bawahan bekerja selalu tergantung pada Pimpinan. Bila pimpinan tidak memiliki kemampuan memimpin, maka tugas-tugas yang sangat kompleks tidak dapat dikerjakan dengan baik. Apabila manajer mampu melaksanakan fungsi-fungsinya dengan baik, sangat mungkin organisasi tersebut dapat mencapai sasarannya. Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang efektif, yang mempunyai kemampuan mempengaruhi perilaku anggotanya atau anak buahnya. (Alimuddin, 2002).
Kualitas dari pemimpin seringkali dianggap sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan atau kegagalan organisasi (Bass, 1990, dalam Menon, 2002) demikian juga keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi baik yang berorientasi bisnis maupun publik, biasanya dipersepsikan sebagai keberhasilan atau kegagalan pemimpin. Begitu pentingnya peran pemimpin sehingga isu mengenai pemimpin menjadi fokus yang menarik perhatian para peneliti bidang perilaku keorganisasian. Pemimpin memegang peran kunci dalam memformulasikan dan mengimplementasikan strategi organisasi. (Su’ud, 2000).
Hal ini membawa konsekuensi bahwa setiap pimpinan berkewajiban memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk membina, menggerakkan, mengarahkan semua potensi karyawan dilingkungannya agar terwujud volume dan beban kerja yang terarah pada tujuan (M. Thoha, 2001). Pimpinan perlu melakukan pembinaan yang sungguh-sungguh terhadap karyawan agar dapat menimbulkan kepuasan dan komitmen organisasi sehinga pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja yang tinggi.

2.                  Perumusan Masalah
Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam kemajuan suatu organisasi. Berdasarkan uraian latar belakang masalah dengan permasalahan tersebut, maka pertanyaan penelitian yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja.
2. Bagaimana pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan
3. Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi 
4. Bagaimana pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan
5. Bagaimana gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja

3.                  Tujuan Penelitian
Berdasarkan dengan permasalah diatas, tujuan yang hendak dicapai dari observasi ini adalah sebagai berikut:
1. Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja.
2. Menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.
3. Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi.
4. Menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.
5. Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.

4.         Pembatasan Masalah
            Pembatasan masalah digunakan agar permasalahan yang akan dibahas dalam penilitan tidak terlalu melebar dari yang telah ditentukkan. Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah observasi dilakukan terhadap gaya kepemimpinan dalam suatu perusahaan mempengaruhi tingkat kinerja pekerja atau karyawan.

5          Metode Penelitian
            Metode penelitian adalah metode kuantitatif, dengan melakukan analisis data yang diperoleh dari Kuesioner atau observasi yang dilakukan.
1) Kuesioner
Pengumpulan data dengan teknik ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tentang kinerja organisasi, gaya kepemimpinan, dan budaya organisasi, sesuai dengan indikator definisi operasional kepada seluruh responden dengan tujuan untuk mengumpulkan jawaban-jawaban yang akhirnya dijadikan data dalam penelitian ini.
2) Observasi
Pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan langsung serta mencatat fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Contoh, mengamati perilaku para karyawan tentang waktu tiba di tempat kerja, waktu pulang, sikap karyawan dalam menjalankan tugas, suasana kerja, dan hubungan kerja
3) Wawancara mendalam
Pengumpulan data dengan mengadakan wawancara mendalam dengan beberapa responden untuk memperoleh data yang lebih akurat dan lengkap, menyangkut penjelasan lebih lanjut tentang kuesioner yang telah diberikan.

6.         Rencana Waktu Penelitian
Menjelaskan urutan kegiatan penelitian dalam urutan waktu dan durasi yang dibutuhkan. Urutan kegiatan sebaiknya menggunakan tabel agar lebih terlihat jelas uraian kegiatan penelitian yang dibutuhkan.

No

Kegiatan

Minggu


1
2
3
4
5
1
Penyusunan Proposal





2
Penentuan Perusahaan





3
Mempersiapkan Berkas-berkas yang dibutuhkan





4
Pengambilan Data





5
Analisis Data yang telah dikumpulan





6
Pembuatan Laporan





7
Penyempurnaan Laporan












  


 DAFTAR PUSTAKA


Alimuddin, 2002, Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengawasan Daerah Kota Makassar, Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Gajah Mada (tidak dipublikasikan)
Su’ud, Muh, 2000, “Persepsi Sosial Tentang Kredibilitas Pemimpin”, Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol.3, No.1. Hal 51-65
Tadjudin, 1997/1995, “Menciptakan SDM Bermutu”, Usahawan, No.1, tahun XXVI, Januari.
Thoha, M., 2001, Kepemimpinan dalam Manajemen, Suatu Pendekatan Perilaku, Rajawali Press , Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar